Senin, 23 Februari 2009

akhirnya ...

akhirnya setelah terakhir nyoba install 4 bulan lalu, sekarang berhasil ... walau baru 8.04.1 muslim ed. gpp deh ... paling ngga skrg udah bisa utak atik linux lagi. padahal udah keluar 8.10 intrepid ibex. yah ... kalo cuman ngejar yang baru terus ... apa bedanya sama ketergantungan windows dong ?

dapet cd installer nya juga lagi-lagi gratis dari http://bitramindo.web.id waktu itu ... tau deh sekarang masih ngasih gratis apa ngga.

ini juga bisa install dengan perjuangan yang lumayan ... 4 kali percobaab install, yang terakhir sebelum berhasil udah 94% trus "fatal error" ... bt!

ternyata permasalah yang terakhir itu merupakan "bug" yang kalo install pake versi baru udah diperbaiki. tp berhubung installernya versi lama, ya ... kudu nyari dulu jawabannya di google.

masalahnya adalah mengenai partisi. walau sudah diformat dengan sistem ext3, ternyata identifikasinya belum berubah. tetep terbaca ntfs, makanya setelah 94% kelar, dia mau install "grub" ngga bisa alias bingung, mau install dimana, kok partisi linuxnya ngga ada.

hal ini bisa teridentifikasi dengan perintah " sudo fdisk -l" ... di /dev/sda3/ saya yang paling kanan tulisannya masih ntfs, padahal seharusnya linux, idnya yang seharusnya 83 masih tetep 7, padahal kalo diliat pake Gparted udah klop, ext3. cuman gara-gara identifikasi aja, installnya harus ngulang deh ... secara gw blum bisa intall grub dan deteksi hardware satu-satu ...

trus penyelesaiannya gimana ? install ulang, trus pas bagian atur partisi secara manual, partisi linuxnya di delete dulu, baru diisi ulang. tidak cukup dengan diformat aja. kudu di delete dulu. abis itu kelar deh ... 100% complete. trus ... bikin bllog ini deh.... cihuyyyyy!!!!

Tidak ada komentar: